Selalu Waspada, Inilah 5 Tips Mencegah Kebakaran Di Rumah


Kebakaran adalah musibah yang mengerikan yang dapat membuat kerugian materi maupun non materi. Kebakaran tidak dapat di prediksi kapan akan terjadinya, musibah kebakaran bisa datang kapan saja. Tidak jarang musibah kebakaran ini sering terjadi di Indonesia karena kelalain dan ketidak hati - hatian pemilik rumah.

Maka dari itu bacalah tips ini untuk mencegah terjadinya musibah kebakaran di rumah Anda jika saja seandainya musibah datang menghampiri. Berikut tips mencegah

Baca juga : Jangan Panik, Lakukan Tips Ini Jika Terjadi Gempa

 1  Jauhkan Alat Pemantik Dari Jangkauan Anak - Anak


Tips pertama jauhkan segala alat pemantik dari jangkauan anak - anak, karena anak kecil biasanya belum tau apa - apa. Maka dari itu jauhkan segala bentuk alat pemantik yang dapat menimbulkan api. Anak - anak suka sekali bermain api maka dari itu peran Anda untuk mengawasinya sangat besar.


 2  Jauhkan Sumber Api dari Bahan yang Mudah Terbakar


Dirumah banyak sekali bahan yang sangat mudah terbakar, maka dari itu jauhkan segala sumber api dari bahan - bahan yang mudah terbakar. Contohnya, seperti saat lilin yang menyala di dekat pakain atau tirai dan rokok yang masih menyala di biarkan tanpa pengawasan. Tanpa di sadari hal ini sangat mudah mengundang musibah kebakaran di rumah Anda.

 3  Gunakan Peralatan Elektronik Sesuai Prosedur


Tips ketiga ini tanpa di sadari juga dapat memicu kebakaran. Gunakan peralatan elektronik sewajarnya dan mengikuti standar prosedur. Jangan membiasakan menggunakan peralatan yang berlebihan karena bisa overhead dan memicu hubungan arus pendek listrik.

 4  Sediakan Alat Pemadam Api Di Rumah


Kadang kala pemicu kebakaran tidak dapat terdeteksi secara langsung, maka dari itu untuk pengamanan extra sediakanlah alat pemadam api di rumah. Anda dapat memadamkan api jika terjadi kebakaran kecil yang dapat menimbulkan kebakaran besar. Hal ini untuk meminimalisir terjadinya hal yang tidak di inginkan.

 5  Selalu Waspada


Bahaya musibah kebakaran sangatlah besar. Maka dari itu selalu waspada dan jangan lengah. Anda harus siap jika saja musibah seperti kebakaran terjadi dan yang pasti jangan panik tetap tenang dan lakukan penanganan yang terstruktur.

Inilah beberapa tips untuk mencegah musibah kebakaran di rumah Anda, yang terpenting adalah tetap berdoa agar rumah di jauhi dari musibah ini.

Post a Comment

Post a Comment (0)

Previous Post Next Post